Nilai rupiah turun tipis

nilai tukar rupiah kepada dolar as selama transaksi antarbank di jakarta pada jumat pagi turun empat poin menjadi rp9.712 per dolar as dibanding posisi sebelumnya, rp9.708 per dolar as.

analis samuel sekuritas, lana soelistianingsih, menilai pergerakan kualitas tukar rupiah cenderung stabil.

menurut dia, dana asing sampai 1,8 miliar dolar as dan masuk ke pasar saham sepanjang tahun ini merupakan salah Satu faktor yang mendukung kualitas tukar rupiah cenderung stabil.

ia menambahkan revisi pertumbuhan ekonomi global dengan lembaga dana moneter internasional (imf) dari 3,5 persen adalah 3,2 persen tak berpengaruh terhadap ekpektasi pertumbuhan ekonomi domestik.

imf tetap memproyeksikan ekonomi indonesia bisa tumbuh sebesar diantara enam persen-6,3 persen agar tahun 2013 melalui penentu utama baru tingginya permintaan domestik, katanya.

analis trust securities, reza priyambada, menyatakan pergerakan nilai tukar rupiah serta dipengaruhi dengan pernyataan salah Salah satu pejabat tinggi bank sentral eropa (ecb) dan mendukung rencana penurunan tingkat suku bunga apabila kondisi ekonomi kian terpuruk.

di pihak lain, ecb dan berencana menurunkan nilai mata biaya euro agar bisa meningkatkan daya saing ekspor dalam kawasan eropa turut mendapat respon negatif dari domestik, tambahnya.

intervensi bank indonesia, ia memperkirakan, serta mau memelihara rupiah bergerak pada area positif.

Informasi Lainnya: